Hacker Bukan Cracker

Hacker dan Cracker Dua Kata yang mempunyai makna jelas berbeda!!!!!!!!! Mari Kita Bahas

Hacker???? Cracker???? Saat mendengar atau membaca kata tersebut di benak anda pasti akan terlintas sesuatu hal yang sifatnya kriminal. Kebanyakan orang juga berpikiran kalau Hacker Tak jauh beda dengan cracker atau malah mereka menyamakan kedudukan keduanya, mungkin karena kedua kata tersebut terdengar “ sangar, menyeramkan, kriminal(di mata polisi)” he...3x terlalu lebay mungkin, tapi itulah yang saya tangkap selama ini, apakah anda pernah melihat berita di televisi yang  memberitakan tentang kriminalitas dalam dunia cyber semisal “Seorang Hacker Telah Membobol Sistem Keamanan Sebuah Bank” nah dari sini masyarakat akan menyimpulkan bahwa hacker adalah orang yang jahat. Padahal menurut saya seorang hacker adalah orang yang pintar dalam dunia komputer, mengetahui cara kerja suatu sistem dan itu semua tidak dimiliki oleh semua orang, karena menurut saya untuk mendalami suatu ilmu dibutuhkan ketekunan, keinginan, kemampuan, dan waktu yang lama apalagi ilmu hacking. “Hacking juga merupakan suatu ilmu yang bermanfaat dalam dunia cyber ini” Karena tak ada sistem yang sempurna di dunia ini, mulai dari sistem pemerintahan, sistem pendidikan, sistem keamanan (Nyata dan Maya) Tak ada yang sempurna selalu ada celah keamanan yang ada, bukan diada adakan.  Hacker bisa juga kita misalkan dengan Polisi, KPK, dan para penegak hukum di Indonesia, ada yang mempunyai niat baik ingin memperbaiki suatu sistem yang ada, ada pula yang mempunyai niat jahat untuk mengambil keuntungan dari celah kemanan suatu sistem. Polisi Secara fisik dan taktik, Tapi seorang hacker mempunyai pola pikir yang berbeda yaitu “Hacking The Art Of Exploitation” jadi seni tidak hanya dalam hal yang berbau  menghibur saja, dalam dunia komputer hacking adalah seni untuk menemukan jalan/cara lain memecahkan suatu masalah dengan algoritma.


Dari penjelasan diatas anda pasti berfikir berarti Hacker juga memiliki aliran atau jalan yang berbeda. Satu dalam aliran kebenaran dan satu aliran lagi kejahatan tentunya. Dalam Dunia Hacking yang saya dapat dari wikipedia menyebutkan adanya White Hat Hacker, Karna White Tentunya dia Hacker yang baik dan cerdas (bukan hanya pintar), dia melakukan hacking untuk mencari celah keamanan dan memperbaikinya bukan untuk di rusak. Black Hat Hacker adalah Hacker Jahat Yang sebenarnya bisa kita sebut sebagai Cracker, dia mencari sebuah celah keamanan untuk keuntungan sendiri yang merugikan pihak lain, Semisal dia melakukan Cracking Terhadap suatu software agar tidak perlu membeli lisensi yg mahal, lalu software itu dijual dg harga murah kepada orang lain untuk  menambah keuntungan dirinya sendiri, tentu ini merugikan pihak pembuat software.


Dari sudut pandang Islam juga Pembajakan adalah Haram, jelah Menurut Fatwa MUI. Apalagi Pencurian (dala hal hacking adalah pencurian data), Perusakan, Mengambil Keuntungan dari penderitaan orang lain (Kerusakan/Celah dari suatu sistem yg dapat membuat pemiliknya merugi tapi kita malah mengambil keuntungan dari situ) adalah hal Yang dilarang dalam Islam.


Dapat Kita simpulkan:


Hacker Adalah Orang Yang mempunyai kemampuan dan mendalami ilmu komputer juga mampu mengetahui suatu celah/exploit dalam suatu sistem serta berniat baik untuk membuat sebuah sistem menjadi lebih aman.


Cracker Adalah Orang Yang mempunyai kemampuan dan mendalami ilmu komputer juga mampu mengetahui suatu celah/exploit dalam suatu sistem tapi mempunyai niat jahat untuk mengambil keuntungan dari kelemahan suatu sistem.


Karena Semua Kegiatan yang kita lakukan tergantung dari niatan kita.


Hack Is Not A Crime Karena Hacking Juga Punya Etika,,, Mau tahu etika2nya menjadi seorang hacker, akan saa Post dalam tulisan saya selanjutnya!!!!!!!!!!!!!!!!!! See Tou Next Time <’_*>
Artikel Untuk LombaBlog MuslimHackers.Net
LihatTutupKomentar